Sejarah Hari Ibu

Hari Ibu adalah waktu untuk menghormati keibuan dan menunjukkan penghargaan kami kepada semua ibu, termasuk istri, saudara perempuan, dan nenek, atas semua kerja keras dan pengorbanan mereka. Di Amerika Serikat, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 9 Mei 2021, dan ibu biasanya menghujani hadiah, seperti bunga dan perhiasan, pada hari istimewa ini. Tapi apa sebenarnya asal […]

Add To Cart

Sejarah Hari Ibu

00

Hari Ibu adalah waktu untuk menghormati keibuan dan menunjukkan penghargaan kami kepada semua ibu, termasuk istri, saudara perempuan, dan nenek, atas semua kerja keras dan pengorbanan mereka. Di Amerika Serikat, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 9 Mei 2021, dan ibu biasanya menghujani hadiah, seperti bunga dan perhiasan, pada hari istimewa ini. Tapi apa sebenarnya asal mula Hari Ibu? Seperti banyak hari libur lainnya, sejarah di balik Hari Ibu didasarkan pada tradisi kuno dan modern dari seluruh dunia. Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa kami merayakan Hari Ibu, bagaimana hal itu dirayakan secara global, dan ide hadiah. Sejarah Hari Ibu Secara historis, ibu selalu memegang peran penting dalam masyarakat. Dari Marie Curie, wanita pertama yang pernah memenangkan Hadiah Nobel, hingga mantan Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg, para ibu telah mengubah dunia. Karena alasan ini, banyak orang berkumpul untuk merayakan semua bentuk keibuan pada Hari Ibu, dan kami memiliki beberapa wanita luar biasa untuk berterima kasih untuk itu. Ann Reeves Jarvis Pada tahun 1858, Ann Reeves Jarvis, seorang ibu rumah tangga Appalachian, mendirikan Hari Kerja Ibu selama Perang Saudara dalam upaya untuk meningkatkan sanitasi bagi tentara dan anak-anak. Dia juga membantu memulai klub untuk mengajari wanita cara merawat anak. Anda lihat, sebagai seorang ibu, dia kehilangan delapan dari dua belas anaknya karena kondisi sanitasi yang buruk. Ketika Perang Saudara meletus di Amerika Serikat, dia meminta beberapa anggota klub yang dia bantu atur untuk berjanji bahwa perang tidak akan mengganggu pekerjaan mereka. Mereka berjanji untuk memberikan perawatan medis dan membantu orang-orang yang sakit terlepas dari sisi mana mereka berjuang. Dia kemudian memulai Hari Persahabatan Ibu sebagai hari untuk mempromosikan rekonsiliasi antara tentara Union dan Konfederasi. Julia Ward Howe Sekitar waktu ini, Julia Ward Howe, seorang abolisionis, penulis, dan hak pilih, menulis Proklamasi Hari Ibu untuk meminta para ibu untuk bergabung dengannya dalam mempromosikan perdamaian dunia. Pada tahun 1873, dia berkampanye untuk menetapkan Hari Perdamaian Ibu untuk mencapai perdamaian dunia dan menyelesaikan konflik antar manusia. Dia sangat terinspirasi oleh karya Ann Reeves Jarvis. Anna Jarvis Baru pada putri Ann Reeves Jarvis, Anna, datang Hari Ibu menjadi hari libur yang diakui secara luas yang kita kenal dan cintai hari ini. Setelah kematian ibu Anna pada tahun 1905, dia ingin membuat hari peringatan untuk menghormati ibu yang telah meninggal dunia dan mengakui pengorbanan yang ibu tanggung untuk anak-anaknya. Perayaan Hari Ibu resmi pertama diadakan di Grafton, West Virginia di sebuah gereja lokal pada...

Hari Ibu adalah waktu untuk menghormati keibuan dan menunjukkan penghargaan kami kepada semua ibu, termasuk istri, saudara perempuan, dan nenek, atas semua kerja keras dan pengorbanan mereka. Di Amerika Serikat, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 9 Mei 2021, dan ibu biasanya menghujani hadiah, seperti bunga dan perhiasan, pada hari istimewa ini. Tapi apa sebenarnya asal mula Hari Ibu? Seperti banyak hari libur lainnya, sejarah di balik Hari Ibu didasarkan pada tradisi kuno dan modern dari seluruh dunia. Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa kami merayakan Hari Ibu, bagaimana hal itu dirayakan secara global, dan ide hadiah.

Sejarah Hari Ibu

Secara historis, ibu selalu memegang peran penting dalam masyarakat. Dari Marie Curie, wanita pertama yang pernah memenangkan Hadiah Nobel, hingga mantan Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg, para ibu telah mengubah dunia. Karena alasan ini, banyak orang berkumpul untuk merayakan semua bentuk keibuan pada Hari Ibu, dan kami memiliki beberapa wanita luar biasa untuk berterima kasih untuk itu.

Ann Reeves Jarvis

Pada tahun 1858, Ann Reeves Jarvis, seorang ibu rumah tangga Appalachian, mendirikan Hari Kerja Ibu selama Perang Saudara dalam upaya untuk meningkatkan sanitasi bagi tentara dan anak-anak. Dia juga membantu memulai klub untuk mengajari wanita cara merawat anak. Anda lihat, sebagai seorang ibu, dia kehilangan delapan dari dua belas anaknya karena kondisi sanitasi yang buruk.

Ketika Perang Saudara meletus di Amerika Serikat, dia meminta beberapa anggota klub yang dia bantu atur untuk berjanji bahwa perang tidak akan mengganggu pekerjaan mereka. Mereka berjanji untuk memberikan perawatan medis dan membantu orang-orang yang sakit terlepas dari sisi mana mereka berjuang. Dia kemudian memulai Hari Persahabatan Ibu sebagai hari untuk mempromosikan rekonsiliasi antara tentara Union dan Konfederasi.

Julia Ward Howe

Sekitar waktu ini, Julia Ward Howe, seorang abolisionis, penulis, dan hak pilih, menulis Proklamasi Hari Ibu untuk meminta para ibu untuk bergabung dengannya dalam mempromosikan perdamaian dunia. Pada tahun 1873, dia berkampanye untuk menetapkan Hari Perdamaian Ibu untuk mencapai perdamaian dunia dan menyelesaikan konflik antar manusia. Dia sangat terinspirasi oleh karya Ann Reeves Jarvis.

Anna Jarvis

Baru pada putri Ann Reeves Jarvis, Anna, datang Hari Ibu menjadi hari libur yang diakui secara luas yang kita kenal dan cintai hari ini. Setelah kematian ibu Anna pada tahun 1905, dia ingin membuat hari peringatan untuk menghormati ibu yang telah meninggal dunia dan mengakui pengorbanan yang ibu tanggung untuk anak-anaknya.

Perayaan Hari Ibu resmi pertama diadakan di Grafton, West Virginia di sebuah gereja lokal pada tanggal 10 Mei 1908. Berkat dukungan finansial dari John Wanamaker, seorang pemilik bisnis Philadelphia, Hari Ibu ini sukses besar. Pada hari ini, ribuan orang juga menghadiri acara Hari Ibu serentak yang terjadi di salah satu toko Wanamaker. Jika Anda pergi ke gereja ini hari ini, Anda dapat menemukan Kuil Hari Ibu Internasional.

Melihat betapa suksesnya acara Hari Ibu yang pertama ini, Anna bersumpah menjadikannya sebagai hari libur nasional. Dia tanpa lelah menulis kepada politisi dan surat kabar dari seluruh negeri, meminta mereka untuk mengadopsi hari itu dan merayakan keibuan. Tak lama kemudian, tradisi tersebut menyebar dan menyebar ke 45 negara bagian lain, dan beberapa di antaranya bahkan menyatakannya sebagai hari libur resmi pada tahun 1912 dan setelahnya.

Akhirnya, pada tahun 1914, mantan Presiden Woodrow Wilson mengumumkan perayaan nasional pertama Hari Ibu. Sekarang, Hari Ibu dirayakan setiap hari Minggu kedua di bulan Mei.

Apa Arti dari Mothering Sunday?

Di Inggris Raya dan beberapa bagian Eropa, salah satu tradisi paling jelas dari Hari Ibu berasal dari Hari Minggu Ibu. Awalnya, itu adalah hari raya keagamaan yang diperingati pada hari Minggu keempat Prapaskah. Hari ini dimaksudkan bagi individu untuk menemukan jalan kembali ke “gereja induk” mereka, yang merupakan gereja terdekat dengan mereka, untuk kebaktian khusus. Para pengunjung gereja juga akan mengambil ini sebagai kesempatan untuk bersatu kembali dengan keluarga setelah pergi karena bekerja.

Sejarawan memiliki banyak teori tentang asal mula Mothering Sunday, termasuk bahwa tradisi yang dikembangkan dari anak-anak memetik bunga saat mereka berjalan ke gereja atau bahwa nama hari libur mengacu pada bacaan yang ditemukan dalam Alkitab. Hari Minggu Ibu kini tidak lagi menjadi hari libur religius dan menjadi hari yang bisa dirayakan semua orang. Orang-orang di Inggris meluangkan waktu untuk menghormati para ibu, seperti ibu kandung, nenek, ibu tiri, dan ibu mertua.

Sebelum peralihan terjadi, orang akan merayakannya dengan kue Simnel, kue buah yang dibuat dengan pasta almond, dan 11 bola marzipan untuk mewakili 11 murid. Sejak berganti tradisi menjadi lebih sekuler, anak-anak kini kerap memberikan bunga, hadiah, dan kartu buatan sendiri kepada ibunya. Orang-orang juga dapat mengundang ibu mereka untuk makan siang, makan siang, atau makan malam yang enak. Tahun ini, Mothering Sunday jatuh pada hari Minggu, 14 Maret 2021.

 Dari manakah tradisi Hari Ibu berasal?

Meskipun Hari Ibu seperti yang kita kenal memiliki akar yang lebih baru, perayaan awal Hari Ibu dapat ditelusuri kembali ke festival yang diadakan oleh orang Yunani dan Romawi kuno. Di Yunani kuno, orang akan menghormati Rhea, istri Cronus dan ibu para dewa. Orang-orang dari seluruh Yunani akan menawarkan makanan, minuman, dan bunga kepada Rhea.

Bangsa Romawi juga merayakan ibu yang berbeda dari para dewa bernama Cybele, atau Magna Mater, yang berarti Ibu Agung. Orang Romawi bahkan mendedikasikan sebuah kuil untuknya, dan pada bulan Maret mereka akan berpartisipasi dalam Festival Hilaria dan memberikan hadiah untuk dewi.

Saat ini, kebanyakan orang merayakan ibu mereka dengan membeli atau membuat hadiah dan memberi mereka hari libur yang sangat mereka butuhkan. Cokelat, bunga, dan kartu tetap menjadi hadiah Hari Ibu terpopuler. Faktanya, pada tahun 2020, National Retail Federation (NRF) memperkirakan bahwa orang Amerika menghabiskan sekitar $ 2,67 miliar pada Hari Ibu.

Bagaimana Hari Ibu Dirayakan?

Meskipun Hari Ibu secara tradisional merupakan konsep barat, liburan telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Para ibu di mana-mana dihormati pada hari-hari tertentu, terkadang bahkan dengan festival atau parade akbar. Kami akan mengeksplorasi cara orang-orang di AS dan luar negeri menghormati ibu mereka dan merayakan acara tersebut.

Amerika Serikat

Di AS, Hari Ibu adalah waktu untuk menghujani ibu Anda dengan hadiah. Baik Anda ingin tampil maksimal atau tetap sesuai anggaran, ada banyak cara untuk merayakan Hari Ibu di A.S. Berikut adalah beberapa kegiatan Hari Ibu favorit kami:

Awali pagi Hari Ibu dengan mengejutkannya dengan makanan sarapan favoritnya. Jika dia suka memulai harinya dengan kopi, sertakan keranjang hadiah kopi gourmet sebagai sentuhan istimewa.

Nikmati liburan dengan menghabiskan hari bersama. Jika Anda memiliki keluarga sendiri, kemungkinan besar Anda tidak akan bertemu ibu sesering yang Anda inginkan. Jadikan hari itu berkesan dengan melakukan aktivitas yang selalu ingin dia lakukan.

Jika Anda tinggal jauh, telepon ibumu dan undang dia ke kencan makan siang virtual. Buat beberapa mimosa lezat, dandani untuk acara (atau tetap pakai piyama), dan mengobrol sepanjang sore sambil menikmati kebersamaan satu sama lain. Anda juga dapat mengirimi ibu Anda kartu ucapan manis dengan kutipan Hari Ibu yang dia sukai.

Apa pun yang Anda putuskan, ibu Anda akan menghargai semua upaya yang Anda lakukan untuk membuat Hari Ibu tak terlupakan.

Etiopia

Di Etiopia, Hari Ibu dirayakan dengan sedikit berbeda. Setelah musim hujan berakhir, keluarga akan berkumpul untuk festival Antrosht. Selama kurun waktu tiga hari, akan ada tarian, nyanyian, dan banyak makanan. Merupakan kebiasaan bagi anak perempuan untuk menyediakan sayuran dan keju, sementara anak laki-laki membawa daging.

Thailand

Hari Ibu di Thailand diperingati pada 12 Agustus untuk memperingati ulang tahun Ratu Sirikit. Perayaan untuk liburan termasuk parade dan pemberian melati untuk ibu-ibu.

Rusia

Ketika Rusia masih dikenal sebagai Uni Soviet, para ibu dihormati pada 8 Maret, Hari Perempuan Internasional. Pada tahun 1998, Hari Ibu secara resmi ditetapkan sebagai hari Minggu terakhir bulan November. Namun, banyak orang masih merayakannya di bulan Maret.

Nepal

Di Nepal, Hari Ibu dikenal sebagai Mata Tirtha Aunsi, yang berarti “Bulan Baru Ziarah Ibu”. Pada hari ini, individu akan menghargai waktu yang dihabiskan bersama ibu mereka dan mengingat semua orang yang telah meninggal dunia.

Terlepas dari perbedaan ini, tidak ada cara yang benar atau salah untuk merayakan Hari Ibu. Dari mana pun Anda berasal, orang-orang berkumpul untuk merayakan ibu dan keibuan mereka dengan penuh cinta dan syukur. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang tradisi Hari Ibu global? Lihat pos Tradisi Hari Ibu di Seluruh Dunia kami.

 

Hadiah untuk Dikirim untuk Hari Ibu

Sekarang setelah kita membahas asal-usul perayaan Hari Ibu, bagaimana Anda menunjukkan rasa terima kasih dan cinta Anda kepada ibu Anda? Tidak mudah untuk mengungkapkan perasaan Anda, terutama ketika tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Di Hari Ibu ini, bagikan hadiah yang sama uniknya dengan dia dan akan dia hargai selamanya.

Meskipun hadiah populer meliputi cokelat dan perhiasan, ada berbagai opsi yang dapat Anda pilih jika Anda menemukan jalan buntu. Apa pun minat dan hobinya, kami dapat membantu Anda menemukan hadiah yang sangat dia sukai. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa hadiah Hari Ibu yang luar biasa untuk dikirim.

Untuk ibu yang membutuhkan hari untuk bersantai dan rileks, kirim dia keranjang hadiah hari spa dengan semua hal penting yang dia butuhkan untuk membuat hari spa DIY-nya sukses. Mulai dari lotion hingga body butter dan sandal yang nyaman, dia akan menikmati hari relaksasi yang sempurna saat berada di rumah.

Apakah dia penggemar anggur? Kirimi ibumu anggur favoritnya bersama talenan berkualitas serta hadiah daging dan keju. Keranjang hadiah daging dan keju kami mencakup talenan dan pasangan lezat untuk membuat papan charcuterie Anda sendiri di rumah. Siapa yang tidak suka malam anggur yang baik?

Cara apa yang lebih baik untuk menunjukkan kepada ibumu bahwa kamu mencintainya selain dengan karangan bunga? Bunga adalah hadiah klasik karena suatu alasan, dan kami dapat membantu Anda mengirimkan bunga segar langsung ke pintunya. Jika Anda mencari bunga tradisional Hari Ibu, pilihlah anyelir, aster, lili, mawar, dan tulip.

Menemukan kado yang tepat untuk dikirimkan kepada ibu tidak harus rumit. Jika Anda kesulitan memilih hadiah yang akan membuat ibu Anda kagum, pikirkan tentang aktivitas yang dia sukai di waktu luangnya. Misalnya, apakah dia senang merawat tamannya pada hari musim panas yang hangat? Jika demikian, pertimbangkan untuk membeli peralatan berkebun, seperti sarung tangan, gunting kebun, dan kaleng penyiram. Atau apakah dia menyukai proyek DIY dan menciptakan sesuatu dengan tangan kosong? Pertimbangkan untuk memberinya mesin jahit, peralatan menyulam, buku mewarnai dewasa, atau kotak peralatan. Selama hadiah itu datang dari hati, ibumu pasti akan menyukainya.

Hari Ibu tahun ini jatuh pada hari Minggu, 9 Mei 2021, jadi ingatlah untuk menandai kalender Anda! Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah melupakan liburan penting ini. Jika Hari Ibu tampaknya menyelinap untuk Anda, kami memiliki beragam pilihan bunga di hari yang sama yang akan datang tepat pada waktunya untuk perayaan tanpa sepengetahuan ibumu. Jangan khawatir — itu akan menjadi rahasia kami.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating

Call Now Button